Minggu, 26 April 2015

Apa itu Menulis?



Author by: #Ole


Edisi Apa itu Menulis?

Menulis secara fundamental berasal dari kata dasar “tulis” yang kemudian jika dijadikan kata kerja menjadi “menulis”. So, what is that? Apa itu menulis?

Kak, aku pengen bisa “menulis”….
Inilah yang menjadi penghambat seseorang untuk menyalurkan hasrat menulisnya. Ia akan sibuk dengan pertanyaan bagaimana menulis? Apa syarat menjadi penulis yang baik? Dan sebagainya, hingga waktu terbuang hanya untuk mencari tau teori tentang menulis.
Okey,,teori sebetulnya memang keperluan mendasar untuk melanjutkan ke minat yang satu ini (menulis). Akan tetapi, teori dengan absent praktik maka akan menghasilkan sesuatu yang disebut dengan “nothing”.
Sobat pembaca, menulis itu bukan sesuatu pertanyaan melainkan seperti luapan perasaan kita. Ketika kita ingin menulis, maka menulislah. Jangan hiraukan dulu metode maupun embel-embel gono gini dalam menulis. Yang terpenting apa tema yang sebetulnya ingin kita sampaikan dalam tulisan kita itu. Sederhana saja misalnya, ketika kita melihat telur yang menetas dan menurut kita proses menetas itu adalah indah, so tulislah. Mungkin kedengarannya agak konyol hanya mencari satu tema yang agaknya tidak menarik.
Oke,,,tulisan….. untuk apa tulisan yang kita buat. Apakah melulu harus tersaji untuk orang banyak?
Menurut saya menulis itu sesuatu yang kita kerjakan dengan penuh cinta dan kenyamanan. Maka sama sekali saya membuang fikiran bahwa apakah pembaca suka apakah akan dinikmati orang banyak. Semakin dalam kita memikirkan hal yang demikian, maka semakin jauh kita dari tulisan yang diharapkan. Sekalipun itu ujungnya hanya kita sendiri yang mengkonsumsinya..so, whats wrong?? Bukankah kita ingin menulis,,,, itu kan intinya. Maka menulislah dulu dengan senang hati. Karena menulis itu dasarnya adalah ketika kita merasa ia perlu diperbincangkan meski lewat tulisan. Tidak terkecuali karya ilmiah yang kebanyakan seperti skripsi, tesis, disertasi maupun karya ilmiah lainnya. Silahkan check ulang bahwasannya sebagian besar seseorang dalam menulis tugas akhir seperti skripsi misalnya adalah berawal dari ketertarikan terhadap tema yang digarapnya, selebihnya hanya untuk mencari tema yang mudah sebagai syarat sebuah kelulusan. Who’s know?
Ada hal lain juga yang perlu diingat, jika memang berniat untuk menjadi seorang penulis, maka selain ada kemauan serta minat menulis, juga harus nihil membaca. Sebab membaca juga dapat menjadi salah satu alternatif belajar menulis secara autodidak. Kadang ada beberapa kata dari apa yang kita baca itu dapat menjadi inspirasi untuk kita juga menulis.

Yups..menulis itu tentu saja akan menghasilkan sebuah tulisan. Tulisan itu dapat berupa karya ilmiah seperti yang disebutkan di atas, kemudian artikel pendek, cerpen, novel, karya fiksi dan lainnya.
Pengalaman yang saya telah hadapi dikala saya benar merasa ingin menulis adalah dimulai dengan mengorat oret buku harian saya. Melalui coretan kecil itulah imajinasi saya mulai berjalan, melalui catatan harian juga saya dapat berlatih menulis. Selanjutnya saya mulai suka menulis artikel pendek sekitar 1,5 halaman hingga 2 halaman. Artikel itu muncul dari fenomena keseharian yang saya temui. Meskipun artikel saya yang sering dibuat masih terlihat sekali karya amatiran awam, namun saya memberi nilai plus pada keberanian mencoba saya itu. Well, sudah beberapa artikel yang saya kirim ke media tidak satupun tembus, hanya beberapa buah puisi yang pernah dimuat itupun di koran lokal. Akan tetapi artikel saya yang tidak tembus itu sebenarnya tidak ada artinya dibanding kepuasan saya yang sudah berani mencoba meskipun hasilnya tidak terlihat bagus seperti diharapkan.

Melalui tulisan singkat ini setidaknya ada point penting yang ingin saya sampaikan di antaranya:
Jika ingin menulis, maka menulislah sekalipun cuma satu atau dua kalimat.
Belajar menulis pada dasarnya adalah dengan menulis itu sendiri, karenanya kita akan tau dimana letak kurangnya
Bukanlah hal bijak untuk memikirkan terlalu lama “bagaimana menulis itu”?
Menulislah dengan senang hati dan gembira anything that…

Okey sobat pembaca, good luck for you…semoga bermanfaat (O)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar